Judulnya Habis Kuliah Mau Ngapain ?

Jadi di post sebelumnya aku bagiin cerita perjalanan aku sampe lulus S1. Nah, setelah itu aku mau ngapain ? Jujur, awalnya aku pengen banget kerja, pengen punya uang sendiri, pengen mandiri, pengen gak minta-minta lagi mau jajan apa aja bebas uang sendiri toh. Tapi sayangnya orang tua aku gak ngizinin dan nyaranin buat lanjut kuliah. Sempet sedih banget banyak drama tapi yah ya udah lah ya, bagi aku yang penting orang tua seneng.
Tapiiii..... gak semudah itu.

Awalnya aku bingung banget mau lanjut kuliah jurusan apa dan dimana. Kenapa bingung ? Pertama, aku kayak trauma stresnya ngadepin penelitian dan skripsian pas S1 dulu dan yang kedua aku mau kuliah dimana ? Mau lanjut S2 emang semudah itu ? Nope. Here's my story (lagi hehe).

Ada hal-hal yang harus kita persiapkan sebelum mau lanjut pendidikan S2. Mental itu pasti, di sini aku bahas tentang berkas-berkas atau persyaratan pentingnya. Yang namanya mau kuliah ya pasti ada tesnya kan ya. Jadi dari hasil-hasil cari tau aku, bekal yang harus kita persiapkan untuk lanjut S2 adalah punya sertifikat TOEFL/IELTS dkk dan sertifikat TPA. Untuk pendaftaran S2 sendiri, aku milih buat ngikutin tes TOEFL, tesnya sendiri ga boleh asal tes, TOEFL yang kita ikuti haruslah TOEFL ITP. Jadi, sekitar bulan Oktober aku coba ikut tes TOEFL ini di Jambi, TOEFL ITP ya. Sebelumnya, harus well prepared dulu karena tes TOEFL itu mahal guys, kalau skornya nanti gak memuaskan atau gak mencapai target buat daftar kan sayang uangnya. Untuk preparation nya sendiri, aku belajar dari buku longman itu loh. Aku bener-bener fokusin ke structure, karena menurut aku cuma structure lah yang bisa kita pelajari dari buku. Untuk listening apalagi reading keduanya bener-bener mengandalkan pendengaran kita dan pemahaman bacaan kita jadi menurutku aku bisa skip belajar keduanya. Daaaaan, hasil skor TOEFL aku keluar, Alhamdulillah hasilnya memuaskan, 550 :), memang gak terlalu tinggi tapi setidaknya mencukupi persyaratan. Alhamdulillah.


Selanjutnya, aku prepare buat ikut tes TPA OTO BAPPENAS.Jadi tes TPA itu ada tes penalaran, tes kuantitatif, dan tes . Yang PR banget adalah kuantitatif, awalnya aku gencar banget tuh belajar kuantitatif sampai temen aku Kurnia yang udah tes duluan bilang kalo "udah, ga bakal sempet, pasrah aja kerjain yang paling mudah sisanya serahin sama Allah aka tebak-tebakan". Nah setelah itu akhirnya aku tinggalin deh tu kuantitatif dan fokusin ke sinonim antonim kata karena aku ngerasa kurang banget di sini dan bagian ini cuma butuh waktu bentar. Daaaan aku nemuin web yang WAW banget, ada buanyak banget sinonim antonim kata-kata yang jarang kita dengar
Here's the link : belajar sinonim-antonim

Dan itu bener-bener nyelamatin aku banget pas hari ujian. Dan sesuai yang temen aku bilang, kuantitatifnya bener-bener ga keburu jadi jawab yang mana gampang aja deh :").
Sekitar 3-4 hari kemudian hasil tes TPA nya keluar, deg-degan banget sama hasilnya. Tapi, Allah bener-bener baik banget guys, Alhamdulillah lagi-lagi skornya mencukupi buat persyaratan daftar hehe, aku dapet sekitar 600 gitu. Itu unexpected banget buat aku yang cukup kewalahan belajar TPAnya. Alhamdulillah Alhamdulillah.


18.21 WIB. Solat Maghrib dulu ☺️☺️

Untuk daftar kuliahnya, sejauh ini aku daftar di 2 Universitas yaitu UI dan ITB, nekat ? banget hahaha. Untuk UI, semua prosesnya enak buanget, simpel, gampang, bener-bener UI gak minta berkas ini itu, bahkan TOEFL dan TPA pun jika ada. Karena, UI bakal ngadain tes berupa SIMAK UI yang materinya ya TOEFL dan TPA itu sendiri, jadi UI kayak punya standar tersendiri gitu deh. Sedangkan di ITB, syarat-syarat yang tadi itu harus ada, kalo kita gak punya ITB juga memfasilitasi ujian tersebut, jadi bisa tes TOEFL di ITB dan TPA BAPPENAS di ITB juga terus nanti bakal diadakan ujian per bidang studinya. Oiya tambahan, untuk seleksi di UI juga ada seleksi wawancara oleh masing-masing prodi yang dipilih.

Aku bakal cerita tentang UI dulu deh, karena UI ujiannya duluan. SIMAK UI nya dilaksanain tanggal 15 Maret 2020. Jadi aku ke Jakarta itu tanggal 13 Maret 2020 malamnya, dan besoknya 14 Maret 2020 mulailah isu COVID-19 super meluas, yang sekolah diliburkan kemudian work from home dll. Sempet mau gak jadi loh, aku langsung brb cek website UI, aku mikir "wah ditunda nih", tapi ternyata enggak, ujian tetap diadakan dengan pengawasan seperti pengecekan suhu dan pemberian handsanitizer. Mama, Papa, Mami, Papi semua panik sebenernya tapi ya mau gimana, Bismillah. Sempet mau gak jadi loh guys, akupun juga sebenernya ragu tapi Bismillah. 15 Maret 2020 SIMAK UI dilaksanakan. Pelaksanaan ujian yang dijadwalkan jam 08.00 WIB mengalami keterlambatan 30 menit. Ujian yang pertama adalah TPA, tetep ada 3 sub-bab. Yang pertama adalah padanan kata yang bikin aku kayak tukang keong, susah banget wkwk, selanjutnya juga ada soal bacaan bahasa Indonesia gitu kalau yang ini sih oke guys. Lanjut, aku lupa itu sub-bab satu berapa menit. Sub-bab 2 adalah kuantitatif LOL. Dari pertama kali aku liat soal udah senyum-senyum sendiri, as expected, aku bener-bener cuma jawab sekitar 10 soal guys bayangin dong, mau asal-asal takut karena SIMAK UI pake sistem minus :(. Karena aku ngasal banget, di sub-bab ketiga aku bener-bener fokus ngerjain penalaran dan aku isi semuanya karena aku mau curi poin di sini buat nutupin kekurangan poin di kuantitatif. Akhirnya 2 jam buat TPA itu selesai. Kita dikasih istirahat selama 30-45 menit, super takut, gak mau megang apa-apa cuma berani minum gak berani makan padahal laper buanget.

Terus, dilanjutin dengan tes bahasa inggris. TOEFL banget cuma gaada listeningnya guys. Daaaan, aku puas banget sih ngerjain inggrisnya. Susah tu pasti tapi unexpectedly aku ngerasa I can handle this gitu loh hehehe PD abis wkwk.Oke selesai ujiannya. Saatnya menunggu. Oiya beberapa hari setelah ujian aku dapet email untuk mengikuti tahap wawancara. Wawancara yang semula akan diadakan di UI, akhirnya diselenggarakan secara online dengan aplikasi online meeting gitu. Singkat cerita, aku kebagian wawancara hari Senin 6 April 2020 jam 10.00 WIB dan giliran pertama pula, duh. Tapi Alhamdulillah wawancaranya berjalan dengan lancar. Aku diwawancarai oleh ketua program studi Ilmu Biomedik FKUI, ketua jurusan Biokimia, dan dosen pengajar lainnya di jurusan Biokimia. Oiya jadi di UI aku mengambil program studi Ilmu Biomedik jurusan Biokimia hehehe, super nekat. Wawancaranya singkat banget guys, aku awalnya disuruh memperkenalkan diri, kemudian ditanyai kenapa memilih prodi ini, apa yang aku ketahui tentang ilmu biomedik, prospek kerja, kalo lulus nanti tinggal dimana, ada keluarga gak di sana, biaya kuliahnya bagaimana, terus skripsinya tentang apa dan nanti kita jelasin dan mereka bertanya-tanya, dan siapin jawaban jikalau ditanya nanti thesisnya mau ngambil apa, dan bener aja aku ditanyain itu sih hehehe. Setelah itu, menunggu pengumuman kelulusan tanggal 15 April 2020. Deg-degan banget banget banget. Pengumumannya itu jam 13.00 WIB, dan aku belum mau buka tuh jam segitu nunggu ngaji dulu, doa dulu, solat. Sekitar 13.20 WIB aku Bismillah aja buka halaman penerimaan UI dan login akun pendaftaran aku kemudian ke menu Lihat Hasil Seleksi, aku kira bakal ada menu yang dipencet lagi ternyata tidak guys. BUREM. Ada tulisan yang puanjang gitu ke bawah. Tapi fokus aku cuma satu, ke tulisan

"Selamat, Anda dinyatakan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Indonesia "

Akhirnya, aku keluar kamar dan bilang ke Papa aku kalau aku lulus di UI hehehe. Dan berakhir dengan nangis bombay cuy ga nyangka lah. Akhirnya bisa masuk kampus impian yang dulu cuma halu aja rasanya. Alhamdulillah Alhamdulillah.
Nah, kan tadi di awal aku bilang kalau aku juga daftar di ITB, Nah, di ITB aku daftar prodi Kimia guys jurusannya Kimia Analitik dan Biokimia hehe. Karena ujian online nya tanggal 17 April 2020 dan aku udah bayar juga jadi ya aku ikut aja ujiannya hehe. Aku belajar bener-bener seadanya, waktu ujian pun aku juga jawab seadanya hehe. Aku mikir juga kayak haduh ini soal pada susah buanget guys, buanget sih enggak ya. Ada yang masih bisa dikerjain, cuma pasti saingan yang lain hebat-hebat jadi aku gak mau maruk, sudah ada UI kurang bersyukur apalagi. Oiya, temen aku Kurnia juga berjuang bareng buat masuk ITB, semoga Kurnia bisa keterima di ITB ya, kalo Kurnia sih aku yakin banget emang udah pas banget lah. Nah, pengumuman penerimaan ITB nya nanti tanggal 28 April 2020, kalo aku sih gak ngarep cuma berharap temen aku bisa lulus Aamiin.

Okedeh, sekian ceritanya hari ini wkwk pegel juga☺️☺️

Komentar

Postingan Populer